Definisi pemasaran (Marketing)

 Pengertian pemasaran telah dirumuskan dalam berbagai rumusan oleh para penulis antara lain sebagai berikut :

1. Menurut Philip Kotler
    Pemasaran adalah suatu proses sosial dan managerial yang di dalamnya individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan serta inginkan lewat penciptaan dan mempertukarkan timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

2. American Marketing Association (AMA)
    Marketing is an organizational function and a set of processes for creating, communiating and delivering value to costumers and for mananging costumer relationship in ways that benefit the organization and its stakeholders
"Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dalam suatu proses untuk menciptakan, berkomunikasi dan mengirimkan nilai ke pelanggan dan untuk memenage hubungan pelanggan dalam cara cara yang bermanfaat bagi organisasi dan stakeholdersnya"

3. Menurut WY. Stanton
    Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial

 Proses ini mulai dari planing (Perencanaan) hingga implementing (eksekusi) dari rencana, serta melibatkan beberapa komponen dasar 4P. Marketer misalnya,


  • Membantu merancang produk agar sesuai dengan kehendak pasar 
  • Marketer juga memikirkan distribusi produk, agar secara efisien sampai ke tangan konsumen
  • Marketer juga harus mempromosikan produk
  • Marketer juga menentukan harga produk agar produk tersebut terserap pasar, dan memaksimalkan profit dan meningkatkan kebutuhan konsumen terhadap produk melalui berbagai cara komunikasi 

3. AMA  membuat definisi baru mengenai Marketing yang dirilis januari 2008. kini definisi tersebut menjadi:
Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating,delivering, and exchanging offerings that have value for customers,clients, partners,and society at large 
Ada tiga hal yang berubah di definisi tersebut

  1. Marketing bukan lagi functions tapi activity
  2. Marketing bukan hanya proses untuk creating, communicating,delivering,tetapi juga proses untuk exchanging. Perubahan ini diduga karena dipicu oleh semakin menguatnya posisi konsumen karena internet
  3. Target marketing bukan hanya customers, client dan partners, tetapi juga masyarakat luas (society at large)
Sumber (www.virtual.co.id/oleh lukman luthfie)

Komentar