Konsep inti pemasaran

 Pemasaran dipahami secara lebih lanjut dengan mendefinisikan beberapa konsep intinya

  • Kebutuhan : konsep paling  pokok yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu (perasaan kekurangan). Seperti : kebutuhan fisiologis,rasa aman, sosial, penghargaan dan kebanggaan,serta aktualisasi diri.
  • Keinginan : hasrat terhadap sesuatu untuk memenuhi kebutuhan, yang pengaruhi oleh latar belakang budaya dan karakteristik individu 
  • Permintaan : keinginan terhadap produk produk tertentu yang disertai dengan daya beli yang cukup dan kemauan untuk membeli
Produk
adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, yang dapat ditawarkan mencakup barang, jasa , tempat. ide , orang, peristiwa, properti, organisasi, informasi
  1. Barang,  barang barang fisik seperti mobil, produk produk makan dan lain lain
  2. Jasa, bersifat abstrak dan tidak berwujud (intangible), seperti perusahaan penerbangan,rental mobil, salon kecantikan,dokter,konsultan manajemen dll
  3. Pengalaman, pemasaran pengalaman seperti Walt Disney Waorld Magic, bersama orang utan Bukit lawang, termasuk rumah hantu dll
  4. Peristiwa, pemasar mempromosikan peristiwa yang terkait dengan waktu, seperti Piala Dunia, pameran perdagangan,peristiwa olahraga, pertunjukan kesenian dll
  5. Orang, Pemasaran selebritis, seorang yang tenar akan menyewa agen pers untuk memuat kisah mereka disurat kabar dan majalah, seperti laga Jackie chan telah melakukan pekerjaan pemasaran sendiri yang amat hebat. Di indonesia selebritas umumnya menggunakan jasa agency memiliki manager sendiri
  6. Tempat, tempat tempat kota, provinsi, wilaya, bersaing secara aktif untuk menarik wisatawan , investasi pabrik, kantor pusat perusahaan, dan penghuni baru, seperti agen real estate,bill board untuk penempatan merek dan sebagainya
  7. Properti, hak kepemilikan yang tak berwujud baik
  8. Organisasi, orang secara aktif bekerja untuk membangun citra yang kuat dan menyenangkan dalam fikiran rakyat, seperti universitas , museum dan organiasasi pertunjukan seni, semua menggunakan pemasaran untuk mendorong citra publik mereka dan untuk berkompetesi mendapat peminat.
  9. Informasi, produksi, pengemasan, dan mendistribusikan melalui internet, seperti membutuhkan informasi tentang buku, Ensiklopedia, untuk mengetahui spesifikasi suatu produk orang mengakses internet
  10. Gagasan, setiap yang ditawarkan dipasar memiliki gagasan dasar, seperti Charles Revson dari Revlon mengamati, "pabrik, kita membuat kosmetik" di toko kita menjual harapan, jadi produk dan layanan adalah landasan untuk memberikan beberapa gagasan atau manfaat.
Nilai dan kepuasan
 Nilai dari suatu produk adalah manfaat total produk, yang terdiri dari: kualitas, layanan,harga. Nilai akan meningkat sebanding dengan peningkatnya kualitas dan layanan dan menurun dengan meningkatnya harga 

Kepuasan adalah pernyataan perasaan setelah membandingkan harapan terhadap produk sebelum membeli dan kenyataan yang dialami setelah menggunakan atau mengkonsumsi produk.
Kepuasan pelanggan sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli
  • bila kinerja produk lebih rendah dari harapan pelanggan, pembeli tidak puas
  • bila kinerja sesuai atau melebihi harapan pembeli merasa puas atau sangat puas.
Pertukaran dan Transaksi

Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dengan menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalan. Syaratnya ada 2 orang terlibat, secara sukarela, mampu berkomunikasi dan mengirimnya, bernilai bagi pihak lain, dan cocok atau dikehendaki pihak lain

Transaksi : adanya nilai yang dipertukarkan di antara dua pihak, syarat yang disepakati, waktu kesepakatan dan tempat kesepakatan.

Hubungan pemasaran :  Proses menciptakan, memelihara, dan meningkatkan hubungan erat yang semakin lama semakin bernilai dengan pelanggan dan pihak pihak yang berkepentingan
  • membina hubungan dengan pelanggan yang bernilai tinggi (distributor, dealer, pemasok)
  • membina ikatan ekonomi dan sosial yang kuat dengan memberi janji dan secara konsisten menyerahkan produk yang bermutu tinggi, pelayanan yang baik dan harga yang wajar.
Jaringan pemasaran : terdiri dari perusahaan dan stakeholder, pendukungnya (pelanggan, karyawan, pemasok, distributor, pengecer, biro iklan, peneliti universitas, dan pihak lainnya.

Saluran pemasaran : untuk mencapai pasar sasaran pemasar menggunakan 3 saluran ini :
  • saluran komunikasi , mengirim dan menerima pesan dari pembeli sasaran, medianya seperti koran , majalah, radio , tv, telepon , internet, dan billboard
  • saluran distribusi, pengiriman secara fisik produk atau layanan kepada pembeli/ pemakai, seperti distributor,grosir, pengecer, dan agen
  • saluran layanan, untuk melakukan transaksi dengan calon pembeli, layanan meliputi, gudang transportasi, bank dan ansuransi
Rantai pasokan : saluran lebih panjang yang menjangkau bahan baku hingga barang jadi yang diserahkan kepada pembeli

Pesaing ; meliputi semua tawaran actual potensial dari pesaing serta seorang pengganti yang akan dipertimbangkan oleh pembeli. Pesaing meliputi: 
  • Pesaing merek, sebuah perusahaan memandang bahwa pesaingnya adalah perusahaan lain yang menawarkan produk dan layanan yang serupa kepada pelanggan yang sama pada harga yang mirip. Contoh Mobil Vlokswagen menganggap pesaing utamanya Honda dan Toyota
  • Pesaing industri, perusahaan menganggap bahwa semua perusahaan yang memproduksi atau semua kelas produk yang sma adalah pesaingnya, seperti sepeda motor honda akan memandang semua pembuat sepeda motor adalah pesaingnya
  • Pesaing generic, perusahaan memandang semua perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan anggaran yang dari pelanggan sebagai pesaing, seperti honda akan menganggap bahwa pesaingnya menjual barang konsumen utama yang tahan lama
Lingkungan pemasaran 
  • Lingkungan tugas ; pemain langsung dalam memproduksi, mendistribusikan, mempromosi tawaran, pemaskan (bahan baku), distributor,  dealer , dan pelanggan sasaran
  • Lingkungan luas ; meliputi, geografis, demografis , technologi, hukum, politik, sosial budaya
Perogram pemasaran
 Tugas pemasar adalah menyusun program pemsaran atau rencana untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan, program pemasaranter terdiri dari jumlah keputusan kombinasi alat pemasaran yang akan digunakan. Alat-alat pemasaran digolongkan 4 kelompok besar yang dengan 4P (product, place, promosi, price)

Pasar 
 Himupnan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Sebuah pasar terdiri dari, pelanggan potensial dengan kebutuhan dan keinginan produk tertentu, memiliki daya beli, mau membelanjakan uangnya dan kesempatan membeli produk tersebut. Akan tetapi pemasar memandang penjualan sebagai membentuk suatu produksi dan pembeli sebagai membentuk pasar.

Komentar