Tugas tugas seorang pemasar dapat dilihat dari kondisi permintaan pasar terhadap suatu produk sebagai berikut
1. Permintaan negatif (Negative demand)
Sebuah pasar berad dalam keadaan permintaan negatif jika sebagian besar pasar tidak menyukai produk dan bahkan bersedia membayar untuk menghapus produk tersebut seperti pemakaian vaksinasi, operasi gigi, operasi kantung empedu, dan lainnya. Tugas pemasar adalah menganalisa produk ini tidak disukai, apakah perlu program mendisain ulang produk, harga lebih rendah, dan atau promosi yang lebih efektif dapat mengubah keyakinan dan sikap
2. Tidak ada permintaan (No demand)
Sekelompok konsumen yang menjadi mungkin tidak berminat atau bersikap acuh tak acuh pada produk tersebut. Tugas pemasar adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat dari produk dengan kebutuhan dan minat alamiah.
3. Permintaan yang terpendam (Latent demand)
Sejumlah besar konsumen mungkin memiliki minat yang kuat yang sama terhadap produk atau jasa tertentu yang tak dapat di puaskan oleh produk/jasa yang ada sekarang, seperti permintaan terhadap rokok yang tidak membahayakan, dan kendaraan yang hemat BBM, Tugas pemasar adalah mengukur besar kecilnya pasar potensial dan mengembangkan barang dan jasa yang bisa memuaskan permintaan itu.
4. Permintaan menurun (Falling demand)
Cepat atau lambat organisasi menghadapi turunnya permintaan terhadap suatu produknya seperti turun jumlah mahasiswa mendaftar terhadap perguruan tinggi. Tugas pemasaran adalah membalik kebutuhan yang menurun melalui pemasaran kembali yang kreatif.
5. Permintaan tak beraturan (Irreguler demand)
Banyak perusahaan yang atau organisasi menghadapi permintaan yang berubah ubah berdasarkan musim,hari dan jam seperti perusahaan sepi pada hari kerja, dan ramai pada hari liburan, demikian juga tempat tempat hiburan. Tugas pemasar Syncromarketing adalah cara mengatur pola permintaan melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi, dan insentif lainnya.
6. Permintaan penuh (Full demand)
Perusahaan tau organisasi mengalami permintaan penuh pada saat mereka puas dengan volume bisnisnya. Tugas pemasar untuk mempertahankan permintaan saat ini, menghadapi perubahan dari pesaing. Mempertahankan dan meningkatkan mutunya serta mengukur tingkatan kepuasan konsumen.
7. Permintaan berlebihan (Overfull demand)
Beberapa organisasi menghadapi tingkatan permintaan yang lebih tinggi dari pada biasa yang harus mereka tangani. Tugas pemasar adalah mencari cara untuk mengurangi permintaan sementara maupun permanent (demarketing), demarketing umum berusaha untuk menahan permintaan secara keseluruhan, seperti menaikan harga, mengurangi promosi dan layanan bagian pasar yang kurang menguntungkan
8. Permintaan yang merusak produk (Unwholesome demand)
Tugas pemasar adalah membuat orang yang menyukai sesuatu yang berubah menjadi tak menyukainya, menggunakan alat alat seperti pesan yang menimbulkan rasa takut, peningkatan harga dan mengurangi persediaan
1. Permintaan negatif (Negative demand)
Sebuah pasar berad dalam keadaan permintaan negatif jika sebagian besar pasar tidak menyukai produk dan bahkan bersedia membayar untuk menghapus produk tersebut seperti pemakaian vaksinasi, operasi gigi, operasi kantung empedu, dan lainnya. Tugas pemasar adalah menganalisa produk ini tidak disukai, apakah perlu program mendisain ulang produk, harga lebih rendah, dan atau promosi yang lebih efektif dapat mengubah keyakinan dan sikap
2. Tidak ada permintaan (No demand)
Sekelompok konsumen yang menjadi mungkin tidak berminat atau bersikap acuh tak acuh pada produk tersebut. Tugas pemasar adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat dari produk dengan kebutuhan dan minat alamiah.
3. Permintaan yang terpendam (Latent demand)
Sejumlah besar konsumen mungkin memiliki minat yang kuat yang sama terhadap produk atau jasa tertentu yang tak dapat di puaskan oleh produk/jasa yang ada sekarang, seperti permintaan terhadap rokok yang tidak membahayakan, dan kendaraan yang hemat BBM, Tugas pemasar adalah mengukur besar kecilnya pasar potensial dan mengembangkan barang dan jasa yang bisa memuaskan permintaan itu.
4. Permintaan menurun (Falling demand)
Cepat atau lambat organisasi menghadapi turunnya permintaan terhadap suatu produknya seperti turun jumlah mahasiswa mendaftar terhadap perguruan tinggi. Tugas pemasaran adalah membalik kebutuhan yang menurun melalui pemasaran kembali yang kreatif.
5. Permintaan tak beraturan (Irreguler demand)
Banyak perusahaan yang atau organisasi menghadapi permintaan yang berubah ubah berdasarkan musim,hari dan jam seperti perusahaan sepi pada hari kerja, dan ramai pada hari liburan, demikian juga tempat tempat hiburan. Tugas pemasar Syncromarketing adalah cara mengatur pola permintaan melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi, dan insentif lainnya.
6. Permintaan penuh (Full demand)
Perusahaan tau organisasi mengalami permintaan penuh pada saat mereka puas dengan volume bisnisnya. Tugas pemasar untuk mempertahankan permintaan saat ini, menghadapi perubahan dari pesaing. Mempertahankan dan meningkatkan mutunya serta mengukur tingkatan kepuasan konsumen.
7. Permintaan berlebihan (Overfull demand)
Beberapa organisasi menghadapi tingkatan permintaan yang lebih tinggi dari pada biasa yang harus mereka tangani. Tugas pemasar adalah mencari cara untuk mengurangi permintaan sementara maupun permanent (demarketing), demarketing umum berusaha untuk menahan permintaan secara keseluruhan, seperti menaikan harga, mengurangi promosi dan layanan bagian pasar yang kurang menguntungkan
8. Permintaan yang merusak produk (Unwholesome demand)
Tugas pemasar adalah membuat orang yang menyukai sesuatu yang berubah menjadi tak menyukainya, menggunakan alat alat seperti pesan yang menimbulkan rasa takut, peningkatan harga dan mengurangi persediaan
Komentar
Posting Komentar