Organisasi merupakan alat manajemen untuk mencapai tujuannya. Organisasi adalah bentuk perserikatan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi terdapat tiga faktor atau unsur penting,yaitu:
- adanya sekelompok orang
- adanya hubungan dan pembagian kerja diantara mereka
- adanya tujuan yang ingin dicapai
Pelaksanannya, organisasi dapat dibedakan menjadi organisasi formal dan organisasi informal
a. Organisasi Formal
Organisasi formal merupakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab, dan pertanggung jawaban yang dirangcang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan, Organisasi formal merupakan bagian yang dapat dilihat pada bagan organisasi, sedangkan organisasi informal tidak. Beberapa faktor yang diperhatikan dalam penyusunan struktur organisasi adalah:
- Wewenang
- Tanggung jawab
- Pertanggung jawaban
- Delegasi
- Koordinasi
Organisasi informal adalah jaringan hubungan pribadi dan sosial yang umumnya tidak di lakukan atas dasar aturan formal. Organisasi informal selalu ada setiap organiasi, keberadaannya tidak direncanakan, terjadi atas dasar keakraban dan hubungan hubungan baik yang menyangkut pekerjaan ataupun tidak. Organisasi informal pada dasarnya dapat melayani empat fungsi utama:
- Memelihara dan memperkuat kesamaan norma diantara anggota
- Memberi atau menyediakan kepuasan sosial, status, dan rasa aman bagi anggota
- Membantu para anggotanya untuk berkomunikasi
- Membantu memecahkan persoalan persoalan yang dihadapi anggotannya
Komentar
Posting Komentar