Penentuan posisi secara khusus menjadi tantangan, pada saat manajamen memutuskan untuk menargetkan beberapa segmen. Tujuannya adalah mengembangkan strategi penentuan posisi yang efektif untuk setiap segmen. Penggunaan merek yang berbeda untuk setiap segmen sasaran merupakan salah satu cara memfokuskan strategi penentuan posisi.
Adapun tujuan pokok dari strategi positioning adalah menurut Fandy Tjiptono (2002:112) adalah sebagai berikutL
- untuk menentapkan atau memposisikan produk di pasar sehingga produk tersebut terpisah atau berbeda dari merek merek yang bersaing
- Untuk memposisikan produk sehingga dapat menyampaikan beberapa hal pokok kepada para pelanggan, yaitu " what you stand for, what you are, and how you would like to evaluate you"
Agar strategi penempatan produk dapat dilaksanakan dengan sukses, maka pemanfaatan variabel variabel bauran pemsaran perlu dioptimalkan, khususnya aspek desain dan komunikasi. Dalam perusahaan multi merek, perusahaan harus menentukan posisinya dengan cermat, supaya merek merek yang ada tersebut tidak saling bersaing satu sama lain dan agar tidak terjadi "kanibalisasi" (merek yang satu mematikan merek yang lain)
Komentar
Posting Komentar