Rancangan Diferensiasi Produk

    Kotler dan keller yang dialih bahasakan oleh Benyamin Molan (9-11:2007) mengemukakan mengenai rancangan diferensiasi produk yaitu: 
  1. Bentuk, banyak produk dapat dododeferensiasi berdasarkan bentuk, ukuran, model atau struktur fisik produk
  2. Fitur, sebagian besar produk dapat ditawarkan dengan fitur yang berbeda beda yang melengkapi fungsi dasar produk. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan berapa banyak orang yang menginginkan tiap fitur, berapa waktu yang diperlukan untuk memperkenalkan tiap fitur, apakah pesaing mudah meniru fitur itu. Tiap tiap perusahaan harus memutuskan apakah akan menawarkan fitur khusus yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan biaya yang lebih tinggi atau sedikit paket standar dengan biaya yang lebih murah 
  3. Mutu kinerja , sebagian besar produk dibangun menurt salah satu dari empat level kinerja ; rendah, rata rata, tinggi, unggul. Mutu kinerja adalah level berlakunya karakterisktik dasar produk. Perusahaan tidak harus merancang level kinerja setinggi mungkin. Perusahaan manufaktur harus merancang satu level kinerja yang sesuai dengan pasar sasaran dan level kinerja pesaing. Perusahaan harus juga merancang mutu kinerja sepanjang waktu. Terus menerus memperbaiki produk dapat menghasilkan pendapatan dan pangsa pasar yang besar
  4. Mutu kesesuaian pembeli mengharapkan produk memiliki mutu kesesuaian dan pemenuhan semua unit yang diproduksi terhadap spesifikasi ssasaran yang dijanjikan
  5. Daya Tahan, ukuran usia yang diharapkan atas beroperasinya produk dalan kondisi normal dan atau berat, merupakan atribut yang berharga untuk produk produk tertentu
  6. keandalan, pembeli umumnya akan membayar lebih untuk mendapatkan produk yang lebih andal. Keandalan adalah ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atau gagal dalam periode waktu tertentu
  7. Mudah diperbaiki, pembeli memilih produk yang mudah diperbaiki, kemudahaan diperbaiki adalah ukuran kemudahaan untuk memperbaiki produk ketika produk itu rusak atau gagal
  8. Gaya, menggambarkan penampilan dan perasaan yang ditimbulkan oleh produk itu bai pembeli. Gaya memiliki keunggulan karena menciptakan yang sulit ditiru

Komentar