Pengertian Targeting (Pasar Sasaran)



Targeting merupakan seperangkat pembeli yang memilii kebutuhan dan karakteristik yang sama, yang di putuskan untuk dilayani oleh perusahaan. Menetapkan target pasar yaitu satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan pemasaran atau proses penyelesaian pasar dari beberapa segmen terpilih. Penentuan pasar sasaran (targeting) merupakan kegiatan mengevaluasi dan memilih pasar yang akan dijadikan sasaran penawaran produk produk perusahaan. Lamb Jr., Charles W (1999) Menyatakan pasar sasaran sebagai berikut " a target market is a group of people or organization for which an organization design, implements, and maintains a marketing mix intended to meet the needs of that group, resulting in mutually satisfying exchange.". Menurut Kotler dan Armstrong (2008) mengemukakan bahwa " target marketing is the process of evaluating each market segments atttractiveness and selecting one or more segment". Targeting adalah proses mengevaluasi setiap segmen yang menarik dan memilih satu atau lebih dari segmen tersebut untuk dimasuki. Keputusan menentukan pasar mana yang akan dilayani merupakan keputusan strategi bisnis yang paling menentukan. Pilihan strategis ini diimplementasikan oleh keputusan manajemen tentang bagaimana bersaing dalam setiap produk pasar yang diminati. Keputusan pemasaran strategis adalah memilih pembeli mana yang akan dituju dalam setiap produk perusahaan untuk setiap pasar sasaran.

    Didalam melakukan evaluasi terhadap segmen pasar perusahaan perlu memperhatikan tiga faktor yaitu ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik, struktur segmen serta tujuan dan sumber daya segmen.
  1. ukuran dan pertumbuhan segmen perusahaan harus menentukan apakah suatu segmen potensial memiliki karakteristik ukuran dan pertumbuhan yang tepat. Hal ini memang bersifat relatif dan bergantung pada masing masing perusahaan. Pada dasarnya setiap perusahaan mengehendaki pertumbuhan penjualan dan laba yang pesat pada suatu segmen
  2. Ada kalanya suatu segmen memenuhi kriteria ukuran dan pertumbuhan yang dikehendaki, tetapi tidak menarik bila dipandang dari aspek profitibilitas. lima kekuatan porter dapat digunakan untuk menentukan daya tarik jangka panjang instrinsik siati pasar secara keseluruhan maupun setiap segmen dalamnya. Setiap perusahaan perlu menilai dampak profitabilitas jangka panjang dari kelima kekuatan yang ada yaitu perusahaan lain dalam industri yang sama, pemasok, pembeli, pendatang potensial, dan produk substitusi
  3. Tujuan dan sumber daya perusahaan meskipun suatu segmen telah memenuhi kedua kriteria di atas tetapi bila tidak sesuai dengan tujuan perusahaan atau perusahaan tidak memiliki kapabilitas dan sumber daya yang memadai, maka segmen tersebut harus diabaikan, setelah melakukan evaluasi tersebut perusahaan harus memutuskan segmen yang mana dan berapa banyak segmen yang akan dilayani. ini adalah masalah penyelesaian pasar sasaran, Suatu pasar sasaran berisikan satu set pembeli yang memiliki empat kebutuhan atau karakteristik yang sama yang ditetapkan perusahaan untuk dilayani

PENGETIAN POSITIONING KLIK LINK

Komentar