Pengertian, Syarat dan Dasar Segmentasi


Pengertian Segmentasi

    Pasar adalah terdiri atas semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu yang mungkin bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut. Menurut Kotler dan Armstrong (2016) bahwa "Market segmentation is dividing a market into distinct needs, characterics or  behaviors who might require separate product or marketing mixes". Segmentasi pasar merupakan pembagian pasar ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang menuntut produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Melalui Segmentasi pasar, perusahaan membagi pasar yang besar dan heterogen ke dalam segmen yang lebih kecil yang dapat dicapai lebih efisien dan efektif dengan produk dan jasa yang sesuai


Syarat Segmentasi


Dalam melakukan segmentasi perusahaan perlu diperhatikan efektifitas segmentasi tersebut. Syarat segmentasi yang efektif adalah (Kotler, 2016)

  1. Measurable (terukur), yang berarti segmen pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli konsumen alokasi sumberdaya
  2. Substansial (banyak) yang berarti segmen tersebut harus besar dan profitable untuk dilayani 
  3. Accessible (dapat diaskses) yang berarti segmen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani
  4. Differentiable ( dapat dibedakan) yang berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas
  5. Actionable (dapat dilayani) yang berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan

Dasar Segmentasi

Dalam menetapkan dasar segmentasi kotler (2016) ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu pertama consumen characteristic (karakteristik konsumen) yang merupakan variabel utama dalam segmentasi yang terdiri dari :
  1. Segmentasi geografi : pada segmentasi geografi pengelompokan dilakukan berdasarkan faktor geografinya, seperti berdasarkan daerah asal atau tempat tinggal konsumen
  2. Demografi segmentasi, pada segmentasi demografi pengelompokan dilakukan berdasarkan variabel usia, jenis kelamin, dan pekerjaan konsumen
  3. Phychographic segmentasi , yaitu pengelompokan didasrkan pada karakteristik setiap konsumen, seperti motivasi, kepribadian, persepsi, interest, minat dan sikap
  4. Behavioural segmentasi merupakan upaya membagi suatu pasar ke sejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau tanggapan konsumen terhadap suatu produk

PENGERTIAN TARGETING KLIK LINK

PENGETIAN POSITIONING KLIK LINK

Komentar